Monolog Panjang Paling Berkesan dalam Sebuah Film

Tulisan ini pernah dipublikasikan di Quora.

Monolognya Astrid dalam Crazy Rich Asians sangat berkesan buat saya, kebetulan nemu link di youtube bagian favorit saya ini.

Stop talking.

Don’t worry about packing your things, you bought this apartment, you keep it. We’re leaving. I have fourteen apartment buildings that I own.

And you’ll see Casssian when it’s good for him, not when it’s good for you.

You’re right, I shouldn’t have kept things from you. Hidden my shoes, turned down jobs, charity works, worrying that it might make you feel lesser than me. But, let’s be clear. The problem with our marriage isn’t my family’s money, it’s that you’re a coward, you gave up on us. But I’ve just realized, it’s not my job to make you feel like a man, I can’t make you something you’re not.

Saya tepuk tangan di bioskop waktu nonton bagian ini dan benar-benar takjub. Saya sampai hafal kata-kata Astrid.

Tak semua perempuan punya privilege yang dimiliki Astrid (14 apartemen), tapi saya akan sangat mendukung bagi perempuan yang berada di dalam toxic relationship— meskipun sudah menikah, untuk tidak takut meninggalkan pasangannya.

Anda akan berterima kasih pada diri sendiri suatu hari nanti. Pun jika anda telah memiliki anak, jangan khawatir, anda memberikan contoh yang benar dengan tidak mempertahankan hubungan yang jelas-jelas salah dan menyakitkan.

Melihat kasus suami Astrid, juga banyaknya kasus perselingkuhan di sekitar saya dan betapa manipulatifnya laki-laki dalam mencari pembenaran. Membuat saya jadi sangat aware soal isu ini. Bisa anda lihat, suami Astrid sudah selingkuh tapi tetap saja mencari pembenaran, bahkan menyalahkan Astrid!

Saya jadi ingat tweet Rihanna:

Saya yakin Astrid memberi contoh dan penguat bagi semua penonton perempuan Crazy Rich Asians yang sedang dalam masalah yang sama. Jangan kaget, faktanya masalah infidelity bukanlah hal yang jarang terjadi dalam rumah tangga.

Current studies of American couples indicate that 20 to 40% of heterosexual married men and 20 to 25% of heterosexual married women will also have an extramarital affair during their lifetime.

https://ideas.ted.com/10-facts-about-infidelity-helen-fisher/

Btw, daripada saya jadi menyalahkan laki-laki terus, mengesampingkan gender, perempuan juga bisa melakukan hal yang sama kok. Hanya saja data di atas memberi saya validasi dan menunjukkan memang laki-laki lebih banyak melakukan infidelity. Jadi ya mohon maklum, para laki-laki.

Pesan moral dalam monolog:

  • Jangan biarkan orang yang menyakitimu nyerocos, suruh diam dan utarakan semua kekesalanmu.
  • Bawa anakmu, katakan bahwa anakmu akan menemui Bapaknya hanya jika hal itu baik untuk anaknya, sebelum itu, jangan kasih anak ketemu Bapaknya yang kelakuannya tidak bisa dijadikan contoh. Cari contoh Bapak yang benar dan edukasi anak anda.
  • Fight for your own children, trust me they will be very grateful to have you.
  • Jika pasangan anda berselingkuh, dia yang salah, bukan anda.
  • Jika pasangan anda meninggalkan anda, dia yang pengecut dan tidak berkomitmen, bukan anda.
  • Semua prestasi keren yang anda peroleh sebelum menikah atau setelahnya— yang sangat keren sampai melebihi pasangan anda, itu semua bukan kesalahan, prestasi adalah prestasi, pasangan yang baik akan bangga pada anda.
  • Pasangan yang baik adalah yang bangga pada anda, bukan yang insecure melihat anda, lalu mencari orang lain untuk membuktikan bahwa dia masih capable. Buktikan kemampuan anda untuk jadi pasangan yang baik hanya pada pasangan anda, bukan pada orang lain.
  • Bukan tanggung jawab anda sepenuhnya untuk menjaga harkat dan martabat pasangan, meskipun anda tetap harus menjaga aib pasangan untuk menjaga perasaannya. Individu yang baik harus berusaha menjaga harga dirinya dengan kekuatannya sendiri.
  • Jika anda sudah melakukan bagian anda sebagai pasangan atau istri yang baik tanpa merusak citra pasangan di muka publik, anda sudah berbuat benar. Jika pasangan komplain kepada anda karena masih saja menganggap anda adalah ‘liabilty‘ dalam hubungan yang anda berdua jalani , mungkin artinya adalah dia sudah tidak lagi cocok untuk anda. Move on 🙂
  • Sisanya bisa dilihat dalam artikel ini Daily Diaries: What Astrid From ‘Crazy Rich Asians’ Taught Me About Being A Woman

Semua soal Astrid, yang dia lakukan, tidaklah mudah. Entah Astrid adalah orang biasa saja atau anak konglomerat, kegagalan hubungan karena masalah infidelity itu sangat menyedihkan. Bagaimana tidak? Anda ditipu oleh pasangan, orang yang seharusnya bisa anda percaya 101%!

Oleh karena itu, tidak salah kalau saya memberi applause atas monolog Astrid disini karena dia telah memberi contoh baik bagi perempuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: