Yang Seharusnya Tidak Dilewatkan di Usia 20 Tahunan

Tulisan ini pernah dipublikasikan di Quora.

Berikut ini adalah yang seharusnya tidak kamu lewatkan di usia 20 tahunan versi saya:

  • Traveling

Lakukan perjalanan kemanapun sebanyak apapun! Di usia 20an, anda punya banyak waktu, bisa mencari uang (ketika sudah kerja), dan tenaga masih banyak. Ingat, tujuan melakukan perjalanan adalah memorinya, pengalaman melakukan perjalanan itu tiada duanya. Jadi, saya sangat menyarankan.

  • Traveling bareng sahabat

Saya bersyukur di usia 20an punya sahabat dekat dan pernah melakukan perjalanan bersama mereka. Sampai sekarang kalau buka album foto dan melihat foto-foto kami, rasanya seneng banget pernah jalan bareng mereka, apalagi sekarang sangat sulit meluangkan waktu untuk sekedar bertemu.

  • Backpacking trip

Udah pernah jalan-jalan nyaman nginep di hotel, waktunya mencoba jalan-jalan dengan dana terbatas dan pakaian seadanya.

  • Traveling sendirian

Ini yang paling saya rekomendasikan sebenarnya, tapi tidak semua orang punya nyali yang sama dengan saya, jadi ini buat yang berani-berani aja. Dengan melakukan perjalanan sendiri, anda bisa belajar mengenal diri sendiri. Dari semua perjalanan yang saya lakukan, pengalaman backpacking trip sendirian adalah yang paling saya kenang.

  • Menonton konser

Ini mungkin karena saya suka musik ya? Meski saya introver, acara di keramaian yang saya nikmati adalah menonton konser, dulu saya dipaksa-paksa oleh teman saya untuk diajak menonton konser, sekarang berangkat sendiri pun tak masalah.

  • Naik gunung

Saya tidak pernah menyesal pernah naik gunung di awal 20an, karena sekarang kalau diajak naik gunung saya akan mikir puluhan kali lipat, itupun hanya gunung semacam Ijen atau Bromo (hahaha), kalau diajak ke Semeru atau Rinjani, saya mending janjiannya nggak buat naik gunung, tapi nunggu di bawah gunung. Sadar badan.

  • Mau mencoba berbagai hal

Anda tonton ini bagian umur di atas 30 tahun deh: 70 People Ages 5-75 Answer: What Do You Regret? | Glamour & Advice For Someone Younger Than You?

Mayoritas usia 30 tahun ke atas menyesal tidak melakukan hal yang pernah diinginkan dan menyarankan untuk mengejar mimpi yang anda miliki. Plus, 20 tahun itu masih tergolong muda untuk belajar hal baru, jadi sangat sah kalau pernah gagal. Habiskan jatah gagal anda di usia 20an.

  • Belajar dagang

Dulu waktu kuliah saya belajar dagang berkali-kali, jualan apapun rasanya udah pernah; keripik, jilbab, sepatu, pulsa, kosmetik, aksesoris, oleh-oleh (bahkan saya sering mengantar ke hotel-hotel untuk wisatawan). Dari berjualan saya belajar banyak hal, tapi yang paling saya ingat adalah bagaimana saya bersikap ketika ada customer rewel. Kepakai banget pengalamannya.

  • Bekerja ikut orang

Saya suka heran sama orang yang meremehkan orang yang kerja sebagai karyawan, menurut saya entah pada akhirnya anda mau berwirausaha atau memang ingin bekerja sebagai karyawan saja, pengalaman bekerja pada orang itu berharga. Dan kelak jika akhirnya anda punya usaha sendiri, anda bisa belajar untuk memperlakukan karyawan anda dan tahu bagaimana mengelola perusahaan yang baik dari pengalaman itu.

  • Lulus sebagai sarjana

Di dunia ini ada banyak event yang terjadi dalam hidup saya, tapi yang paling membekas adalah ketika akhirnya saya sarjana dan melakukan wisuda. Menjadi sarjana adalah salah satu milestone penting dalam hidup. Untuk yang masih berjuang skripsi, semangat! Semua perjuangan pasti akan terbayar!

  • Mendapatkan pekerjaan impian semasa sekolah

Anda pikir saya pengen jadi dosen sejak SMA? No, saya pengen jadi pegawai bank saat SMA. Dan saya bisa mewujudkan mimpi itu selepas S1. Sempat diterima di bank asing impian saya juga, meski akhirnya tidak diambil. Kalau tidak bisa bekerja sebagai yang anda impikan, setidaknya pernah mendapatkan. Saya punya teman yang menyesal tidak pernah bekerja sebelum menikah, saya pikir penting juga untuk pernah bekerja sebelum menikah, demi kepuasan diri.

  • Menabung

Dulu waktu saya usia 23an dan bekerja untuk pertama kalinya, ada satu kalimat penyesalan yang membekas saya dengar dari senior di tempat kerja saya, dia menyesal karena tidak menabung ketika masih 20 tahunan. Jadi, jangan sampai melewatkan nabung!!!

  • Patah hati

Tidak perlu pacaran untuk patah hati, dan saya juga tidak bermaksud menyarankan pacaran. Memang patah hati bukanlah pilihan dan tidak ada orang yang mau, tapi kalau anda pernah merasakan patah hati di usia 20an dan hampir gila, percayalah what doesn’t kill you will make you stronger, banyak sisi positif dari patah hati kalau anda mau melihatnya dari sudut pandang lain.

  • Menjaga pertemanan

Saya tidak mau punya teman yang datang pada saya hanya ketika dia putus dengan pacarnya atau ketika ada masalah keluarga, karena memang ada teman yang seperti itu. Anda juga pasti tidak mau kan? Makanya, dijaga pertemanannya. Banyak teman juga banyak rezeki, asalkan temannya baik ya.

  • Memahami isu kesehatan jiwa

Saya kira setiap orang pasti punya fase ketika kesehatan mentalnya terganggu meski tidak parah dan butuh bantuan, dengan mempelajari atau setidaknya paham tentang isu ini, anda secara tidak langsung menolong diri sendiri.

  • Belajar untuk berkomunikasi dengan baik

Tonton ini deh 5 things I learned from my twenties, disini Matt D’Avella mengatakan banyak masalah yang terjadi ketika 20an hanya karena dia menghindari membicarakan hal yang ‘tidak enak’, padahal masalah itu bisa dihindari cukup dengan mengkomunikasikannya. Menurut saya sih bener 100%.

  • Belajar untuk lebih asertif

Percaya atau tidak, saya baru belajar ini kemarin, tapi saya menyesal baru benar-benar mencari tahu caranya. Jika anda tipe orang yang kurang bisa mengekspresikan diri atau menyampaikan perasaan, belajar untuk lebih asertif akan sangat bermanfaat bagi hubungan anda dengan orang lain ke depannya. Bagian ini saya masih belajar sih, tapi saya bersyukur tidak melewatkan belajar asertif di usia 20an.

Demikian dulu, kalau ada lagi akan ditambahkan.

🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: