Mengapa semakin sulit untuk mendapatkan wanita yang semakin tinggi pendidikan, karier, atau pendapatannya?

Tulisan ini pernah dipublikasikan di Quora.

Jawaban pendeknya: kalau dia bener-bener sulit didapatkan, dia cuma tidak tertarik sama anda aja (she’s just not that into you).

nggak cuma laki-laki, wanita juga.

Jawaban panjangnya: pikiran orang (tidak terpaku satu gender)yang berpendidikan tinggi, berkarier bagus, atau berpendapatan tinggi itu biasanya jadi jauh lebih complicated, dari yang tadinya tidak tahu banyak hal, jadi tahu lebih banyak hal.

Jika wanita itu pendidikannya tinggi atau karirnya bagus, saya yakin ilmu dan pengalaman dia jadi jauh daripada yang ‘seharusnya’. Seharusnya yang saya maksud adalah standar laki-laki pada umumnya; yang menginginkan wanita cantik, bisa dandan, mudah diatur, bisa punya anak, bisa merawat anak, bisa bersihin rumah, dan yang terpenting: nggak ngeyelan. Bagaimana mungkin wanita berpendidikan tinggi nggak ngeyelan? Dia kuliah ikut diskusi dan sidang berkali-kali dan wajib mempertahankan argumentasinya. Bagaimana mungkin wanita yang karirnya bagus bisa bersihin rumah setiap waktu? Sibuk bos.

Wanita yang kriterianya disebut adalah yang tidak untuk laki-laki biasa, apakah anda sudah luar biasa sampai berpikiran menginginkan mereka?

Kalau anda kesulitan mendapatkan dia dan dia tidak memberi kode kalau tertarik dengan anda TAPI masih menginginkannya, sebenarnya hanya ada dua pilihan yang bisa anda lakukan:

  1. Coba lagi dengan usaha yang lebih maksimal tanpa memaksa.
  2. Move on.

Menurut saya, orang yang sudah mendalami bidangnya (dengan rela berpendidikan tinggi atau berkarir sampai puncak), biasanya mudah bosan dengan orang yang berada di bidang yang sama. Saya tidak tahu cerita teman yang lain ya, tapi buat saya pribadi, saya sangat mudah bosan kalau dekat dengan laki-laki yang ilmunya sekitaran saya (sosial ekonomi), kalau ngobrol saya sering ngalah dengan pura-pura tidak tahu— kan katanya wanita itu jangan kelihatan banyak tahu biar nggak bikin laki-laki jiper. Jujur saja, saya lebih senang dekat dengan laki-laki yang pendidikan maupun karirnya berbeda 180 derajat dari saya, sekalian ajalah buta soal bidang dia, daripada bosen yang diobrolin sama.

Lalu mengakalinya gimana?

Tenang, semuanya itu kembali lagi ke preferensi orangnya kok, bisa saja wanita yang berpendidikan tinggi, berkarir bagus, duitnya banyak senangnya dengan pria yang badannya bagus atau pintar menyanyi, anda tetap punya kesempatan meskipun secara karir biasa aja. Yang jelas, kalau anda mau mendekati wanita yang pendidikannya dan karirnya udah tinggi, lebih baik anda juga memiliki kemampuan yang sama okenya dengan dia atau setidaknya anda menarik-lah, jangan hanya modal nekat. Anda tidak harus berpendidikan, berkarir, atau berduit yang lebih daripada wanita, agar terlihat lebih menarik juga bisa memaksimalkan bakat anda yang lain— tentu maksud saya bukan bakat merayu.

Jika setelah berbagai usaha tetap tidak ada hasil, saya lebih menyarankan anda untuk move on, masih ada banyak hal yang bisa anda kerjakan selain mendekati wanita 🙂

One thought on “Mengapa semakin sulit untuk mendapatkan wanita yang semakin tinggi pendidikan, karier, atau pendapatannya?

  1. Tulisan yang menarik mbak. Saya juga berpikir demikian. Semakin tinggi jenjang pendidikan dan jabatan atau pengaruh seorang wanita dalam pekerjaan, semakin kompleks pemikirannya.

    Sedihnya, banyak terjadi (saya menyaksikan sendiri di lingkungan keluarga atau kerja) wanita mandiri yang sudah sukses dan sebagainya, mulai memikirkan opsi kalau mereka ngga butuh laki-laki. Akhirnya mereka terlambat menikah (pada usia pertengahan menuju empat puluh) atau sama sekali tidak menikah.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: