Mengapa orang-orang sukses yang ‘self-made’ selalu memiliki cerita inspiratif seperti dirundung, miskin, dan diremehkan?

Orang sukses self-made?

Kita artikan self made dulu ya, menurut forbes, self-made artinya: Someone who built a company or established a fortune on her own, rather than inheriting some or all of it.

Kenapa saya ambil pengertian dari forbes? Karena list orang terkaya di forbes sering dijadikan rujukan banyak orang (Forbes Billionaires 2020).

There are 2,604 billionaires in the world, and 55.8% of them are self-made. Another 30.9% of billionaires made at least some of their wealth themselves, according to the report, while 13.3% inherited their wealth entirely.

Saya ambil sampel 3 billionaire self-made diambil dari Real Time Billionaires (per 18 Juli 2020), yang mau dibahas kan self-made yang sukses saja, sukses=berhasil, keberhasilan self-made adalah ketika dia kaya:

1. Jeff Bezos, pemilik Amazon. Mengutip wikipedia: Bezos lahir di Albuquerque, dibesarkan di Houston lalu Miami, lulus dari Princeton Uni pada 1986, sarjana teknik elektro dan ilmu komputer. Bekerja di Wall Street sejak 1986 sampai 1994 awal Mendirikan Amazon di akhir 1994

Sebagai orang yang cukup kepo dengan kehidupan dan biografi banyak orang sukses, satu hal paling saya ingat dari Bezos hanyalah perceraiannya tahun lalu yang mengakibatkan dia kehilangan saham amazon senilai $36 billion karena diberikan pada istrinya, MacKenzie Bezos. Latar kehidupannya tidak banyak diceritakan, dia dikenal sebagai a brilliant but mysterious and coldblooded corporate titan.

2. Bill Gates, meski pada 1987 dia dinobatkan sebagai world’s youngest self-made billionaire. Dia dengan kerendahan hatinya mengatakan dalam status facebooknya pada 2017 bahwa:

I am not a self-made man. My parents started me off in life with every possible advantage.

Dalam dokumenter Inside Bill’s Brain: Decoding Bill Gates, dia mengatakan hari terburuknya adalah ketika ibunya meninggal. Sepanjang 3 episode doku itu, saya tak melihat dia mengumbar ceritanya ketika dirundung, miskin, dan diremehkan. Gates memang drop out dari jurusan matematika dan ilmu komputer, tapi dia tidak menyesal karena menurutnya meski drop out, apabila dia tidak berhasil dalam usahanya, dia masih bisa balik kuliah lagi (dia tidak meremehkan kuliah seperti anak muda yang gak mau berkuliah dengan alasan Bill Gates aja DO).

Satu hal yang pasti dia anak orang kaya, Bill Gates Sr. adalah lawyer, filantropis, dan penulis buku.

3. Mark Zuckerberg, pada 2007 dinobatkan sebagai world’s youngest self-made billionaire. Kalau melihat video pengumumannya diterima Harvard, nampaknya dia lahir dari keluarga yang suportif, ibunya psikiater dan bapaknya dokter gigi.

Drop out dari jurusan psikologi dan komputer dari Harvard dengan alasan yang tidak dijelaskan, kalau nonton film The Social Network, dia blengcek aja which is gak masuk kategori dirundung, miskin, dan diremehkan.


Kenyataannya adalah orang paling kaya di atas itu semuanya sudah memulai dari start yang bagus, lahir di negara maju: Amerika. Sudah begitu, mereka juga lahir dari orang tua yang kaya. Kalau mereka lahir di Indonesia, apakah bisa sesukses sekarang? Disini komputer aja baru ngetrend kapan 🙂

Kita yang hidup di negara berkembang sudah tidak punya privilege lahir di negara maju itu sejak lahir, kalau berasal dari keluarga biasa-biasa saja dan tidak setuju pendidikan itu penting, ya nanti anak, cucu, cicit kita akan begini wae.

Demikian,

Semoga bisa memberi pandangan baru bahwasannya para self-made sukses tidaklah selalu yang dirundung, miskin, dan diremehkan. Cerita seperti itu biasanya dibuat hanya karena ingin menunjukkan bagian hidupnya yang ‘drama’ dan menarik untuk dijadikan motivasi dan pelajaran hidup.

PS. Kalau ingin kaya belajarlah ilmu komputer.

One thought on “Mengapa orang-orang sukses yang ‘self-made’ selalu memiliki cerita inspiratif seperti dirundung, miskin, dan diremehkan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: