Berdamai Dengan Bipolar

Which of my feelings are real? Which of the me’s is me? The wild, impulsive, chaotic, energetic, and crazy one? Or the shy, withdrawn, desperate, suicidal, doomed, and tired one? Probably a bit of both, hopefully much that is neither.

Kay Redfield Jamison, An Unquiet Mind: A Memoir of Moods and Madness

Sebagai orang yang sudah hidup hampir setengah umur dengan bipolar, akhirnya saya memutuskan untuk berusaha menyembuhkannya. Kali ini, saya serius ingin sembuh.

Berkali-kali saya memikirkan bagaimana akibatnya jika saya meminum obat untuk bipolar, sekarang saya merasakan betul efeknya. Tadinya saya pikir hidup saya akan lebih slow karena tadinya saya merasakan mania yang cukup lama, dimana ketika mania datang, saya cenderung jadi orang yang kepedean dan pemarah 😦

Seperti kutipan di atas, saya tidak pernah tahu kapan saya adalah saya. Terkadang saya baru menyadari sedang mania ketika saya sudah memutuskan tali persahabatan atau menjauh dari orang, dan ini bukanlah drama yang skenarionya saya buat sendiri, kejadiannya begitu cepat, dan tahu-tahu saya akan merasa bersalah melakukan tindakan yang saya lakukan ketika mania. Sedih.

Saya harus rajin untuk mengecek mood saya, karena bipolar ini adalah gangguan mood. Saya mencatat kapan saya merasakan sedih teramat dan kapan saya merasakan kepedean dan marah-marah.

Pernah lelah tidak hidup dengan bipolar?

You don’t say! Kalau saya boleh menukar hidup dengan orang lain, saya akan lebih senang hidup dengan normal dan otak biasa saja daripada begini.

Tahukah anda efek obat bipolar saya bisa membuat saya bekerja hampir 24 jam tanpa lelah? Saya sampai takut dan menanyakannya pada psikiater saya. Dan beliau dengan santainya mengatakan:

Saya hanya bisa berharap agar segera sembuh, jadi saya mau berdamai dengan bipolar saja.

Wish me luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: