Kenapa Saya Memilih Menjadi Dosen, Padahal Gajinya Sedikit?

Tulisan ini pernah dipublikasikan di Quora.

Karena saya nggak mata duitan?

Hahahaha

https://unsplash.com/photos/zFSo6bnZJTw

Jujur, awal-awal saya bekerja, saya sempat merasa “pekerjaan apa ini?!” apalagi saya dulu kerja di bank, sebelum memutuskan debut jadi dosen. Secara penghasilan ya bisa dibilang cukup jomplang.

Tapi, semakin kesini saya semakin enjoy, dan jika diberi pilihan pekerjaan lain di bidang saya, kemungkinan besar saya masih akan tetap memilih pekerjaan yang sama, sebagai dosen (selama kampusnya profesional ya). Kalau alasan lainnya:

  • Waktunya fleksibel, super fleksibel bener-bener nggak bohong. Waktu mengajar aktif saya dalam setahun hanya 8 bulan. 4 bulan libur kuliah panjang~~~ banget.
  • Jam kerja kampus saya dalam sehari 2 jam saja.
    • Kalaupun ada kuliah lebih dari 2 jam pun, kuliahnya nggak akan lebih dari 8 jam. Lebih pendek durasi kerja dibanding office worker pada umumnya.
    • Kalau libur kuliah bagaimana? Yang penting saya absen 2 jam. Dalam 2 jam saya main-main pun tak masalah, tidak ada aturan harus stay di kampus.
  • Saya bisa jadi diri sendiri. Mau kuliah pakai gaya apapun, as long as kontrak kuliah disetujui mahasiswa, tak masalah. Pindah jadwal kuliah, tak masalah. Izin masalah personal kepada mahasiswa, selama dikomunikasikan dan diterima, tak masalah.
  • Nggak pakai seragam. Mau pakai baju model apapun selama masih sopan, tak masalah.
  • Banyak tantangannya. Ini mungkin tergantung manusianya ya, kalau saya, saya lebih senang pekerjaan yang challenging daripada duduk diam memeriksa dokumen dan berulang begitu terus tiap bulannya.
  • Saya suka penasaran dan hobi menulis. Kriteria yang cocok untuk jadi peneliti.
  • Saya suka bekerja sosial dan menjadi relawan. Kriteria yang cocok untuk mengabdi pada masyarakat.
  • Banyak bertemu mahasiswa. Kalau saya tidak bekerja jadi dosen, mungkin saya tidak akan banyak bertemu dengan mahasiswa, saya jadi tahu banyak cerita mereka, saya juga bisa berbagi pengalaman saya.
  • Bukan pekerjaan biasa. Nggak semua orang bisa jadi dosen, kecuali mungkin bekerja di kampus swasta, dimana selama anda punya hubungan keluarga dengan pemiliki yayasan, anda bisa jadi dosen disitu. Tapi saya tidak demikian, jadi bagi saya ini pride tersendiri.
  • Saya merasa penghasilan sedikit hanya ketika saya bekerja sebagai dosen luar biasa (part time), ketika sudah jadi dosen tetap, alhamdulillah saya tidak merasa penghasilan saya sedikit. Jadi, kalau anda menemukan dosen yang merasa gajinya tidak besar, anda harus detail lagi menanyakan dia bekerja sebagai dosen apa? Dan dimana?
    • Tapi kalau anda bekerja menjadi dosen luar biasa di lebih dari satu kampus, penghasilan anda juga bisa lebih banyak kok. Karena kan dibayar per SKS, tidak ada ikatan dengan kampus juga, jadi waktu sisa lebih banyak.
  • Saya punya prinsip, kalau bekerja haruslah pekerjaan yang bisa memberi manfaat bagi orang banyak, syukur-syukur jika manfaatnya tidak hanya di dunia. Dan jadi dosen, saya pikir, cukup bermanfaat.
  • Saya menganggap pekerjaan dosen sebagai batu loncatan untuk pekerjaan yang lebih besar lagi. Mungkin saya tidak akan selamanya jadi dosen, karena saya bukan PNS, jadi masih banyak kemungkinan. Dengan memiliki pengalaman kerja sebagai dosen, saya jadi punya resume yang terlihat sedikit lebih keren daripada hanya menjadi karyawan biasa.
    • Kalau saya jadi karyawan biasa, saya belum tentu bisa jadi dosen, tapi kalau saya jadi dosen, kemungkinan besar saya masih bisa jadi karyawan biasa.
  • Saat saya bekerja di bank dulu, kalau presiden direktur main ke lantai saya, yang berada persis di bawah lantai beliau, itu rasanya udah waw sekali. Sekarang, pekerjaan saya memungkinkan saya untuk bertemu presiden, menteri, gubernur, bupati, staf ahli, pengusaha, petani, pedagang kapan saja ketika ada acara. Bertemu orang dari berbagai latar belakang itu keren sih, nggak semua orang berkesempatan sama seperti ini.
  • Rekan kerja saya semua lulusan S2 dan S3. Ngobrol dengan Doktor biasa aja, dengan Profesor juga biasa aja~ ngomongin cara pakai gadget sampai perkembangan ekonomi internasional bisa~ Dan ngobrol dengan mereka, nggak kayak ngobrol dengan orang yang waw. Biasa aja.
  • Pekerjaan ini nggak ngasih kesempatan untuk bersikap yang ‘terlihat’ tidak berpendidikan, which is good. Meski saya pun masih belajar untuk itu.

Saya memiliki banyak pengalaman yang tidak bisa saya temukan di pekerjaan selain dosen. Apalagi karena saya bukan orang yang bisa mengajar secara alami (sifat asli saya adalah introver), dengan bekerja jadi dosen saya belajar bagaimana transfer ilmu yang efektif dengan menggunakan bahasa manusia (yang bisa ditangkap oleh mahasiswa dengan mudah).

Dulu ketika masih jadi mahasiswa, saya mengira pekerjaan dosen hanya mengajar dan membimbing skripsi saja. Tetapi setelah jadi dosen, ternyata pekerjaan dosen lebih dari itu, dan jauh lebih sulit daripada hanya sekedar mengajar mahasiswa; memastikan akreditasi prodi dan kampus bagus, memastikan mahasiswa benar-benar memahami kuliah yang diajarkan, berharap mahasiswa bisa lulus tanpa hambatan, berharap mahasiswa yang biasa saja bisa mendapat karir yang lebih oke daripada hanya sekedar jadi dosen, berharap mahasiswa yang pintar dan nggak materialistis mau kembali ke kampus untuk jadi dosen 😛

Saya menaruh respect sih pada orang yang mau mengabdikan diri pada kampus atau sekolah untuk bisa berbagi ilmu, dengan syarat harus dengan cara yang benar.

Namun, saya tetap tidak suka jika melihat dosen yang seenaknya kepada mahasiswa atau melihat dosen yang berpolitik untuk mendapatkan jabatan tertentu atau memalsukan dokumen demi mendapatkan hibah. Dan saya harap saya juga tidak jadi dosen seperti itu selamanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: